Monday, January 20, 2014

Tobat

Berdoa memohon ampun (Tobat) kepada Allah Swt.
Tobat


Tobat

Para ahli ushul mengatakan bahwa terdapat 3 tiga syarat yang mesti dipenuhi agar tobat itu sah,yaitu menyesali kesalahan yang telah dilakukan, meninggalkan kesalahan tersebut dan tidak kembali lagi pada kesalahan yang sama.
Dapat dikatakan bahwa tobat mempunyai sebab-sebab,urutan,aturan dan bagian-bagian.Sebab yang pertama adalah kebangunan hati dari kealpaan.Menyadari bahwa dirinya berada dalam perilaku yang buruk.Ia mencapai ini dengan bantuan Ilahi setelah mengatasi kendala yang diujikan oleh Allah Swt terhadap pikirannya.

Apabila seseorang merenungi perbuatan jahatnya,niscaya ia akan memahami tindakan tercela yang dilakukan oleh dirinya dan keinginan untuk bertobat akan datang dari lubuk hatinya.Kemudian Allah Swt akan membantunya dalam melaksanakan niatnya yang kokoh tersebut dalam menempuh jalan kebaikan.
Cara tobat yang pertama adalah dengan memisahkan diri dari orang-orang yang berbuat jahat.Dan hal ini tidak akan lengkap kecuali dibarengi dengan keteguhan dalam bersyahadat secara terus menerus.Selanjutnya,tindakan tindakan tercela yang ada di dalam hati akan terkikis dan kendali diri akan terjaga dari menuruti hawa nafsu.Kemudian ia harus segera meninggalkan perbuatan dosanya dan berketetapan hati untuk tidak kembali kepada dosa-dosa serupa di masa yang akan datang.
Seorang alim mengatakan,"Aku seringkali mengunjungi majelis seorang ahli kisah,kemudian kata-katanya membekas di kalbu.Tetapi ketika aku pulang,kata-katanya itupun lenyap.Lalu aku menghadiri majelis untuk yang kedua kalinya,mendengar ucapannya dan membekas di kalbu,tapi ketika pulang,aku terlupa kembali.Maka aku menghadiri majelis untuk yang ketiga kalinya,barulah kata-katanya membekas hingga di rumah.Selanjutnya,kuhancurkan peralatan yang mengarah kepada dosa dan aku meneguhi jalan.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts